Pembahasan Tentang Cyberspace


YAYASAN SASMITA JAYA

UNIVERSITAS PAMULANG

Jln. Surya Kencana No.1 Pamulang Barat - Pamulang, Tangerang Selatan, Banten Telp./Fax.(021)7412566 / 74709855

 
 
                                              Nama               :           Gian Akbar Shobirin

                                              Kelas               :           02 TPLMA

                                              NIM                :           2014141841

1. Cyberspace yaitu sebuah dunia komunikasi berbasis computer yang menawarkan realitas yang baru berbentuk virtual (tidak langsung dan tidak nyata). Walaupun dilakukan secara virtual, kita dapat merasa seolah-olah ada di tempat tersebut dan melakukan hal-hal yang dilakukan secara nyata, misalnya berinteraksi, berdiskusi dan banyak lagi. Cyberspace menghasilkan manusia yang nyaris tidak perlu berhubungan dalam bentuk tradisional: tatap muka dan bersalaman. Bahkan dapat melakukan hubungan yang sangat akrab tanpa pernah bertemu langsung. Dalam cyberspace, manusia tak perlu lagi menujukkan identitas diri, wajah, ukuran tubuh, , tatapan, nada bicara atau airmata. Dia cukup membubuhkan tanda-tanda itu lewat lambang-lambang yang di sepakati dalam dunia maya. Manusia melakukan interaksi semakin lama semakin tidak pribadi sifatnya. Coba anda berikan pendapat anda, apa kebaikan dan keburukan dunia CYBERSPACE ini bagi kehidupan manusia yang cenderung mempunyai sifat dasar senang bersosialisasi secara langsung.

 

   2. “ Sebagai terbesar dari perkembangan aplikasi computer di dunia bisnis pada masa  mendatang akan berlandas kepada teknologi basis data dan saling terhubung melalui jaringan computer ”, James Martin (1979). Menurut George R. Terry pengolahan data adalah serangkaian operasi atas informasi yang di rencanakan guna mencapai hasil yang di inginkan. Jadi pengolahan data merupakan suatu proses atau langkah yang di lakukan dengan suatu sarana yang memungkinkan (manual/computer) untuk mengubah data menjadi informasi agar dapat digunakan untuk tujuan tertentu. Dalam perkembangan dunia Teknologi Informasi sekarang ini, penggunaan computer sudah mencakup hampir disemua bidang ilmu dan pekerjaan, coba berikan analisa anda, keuntungan dan kerugiaanya, seandainya semua bidang pekerjaan di ambil alih fungsinya oleh computer?

 

3. Anda adalah seorang professionali di bidang IT, jabatan sebagai system analis pada perushaan  menyuruh anda untuk membuat sebuah Aplikasi Sisitem akademik (SIAK) pada 3. salah satu universitas di indonesia, apa yang harus anda lakukan untuk merealisasikan proyek tersebut?

 

JAWABAN


  1. Kebaikan Dan Keburukan Cyberspace


    • Kebaikan Internet/Cyberspace
           Internet/Cyberspace telah banyak membantu manusia dalam segala aspek kehidupan sehingga Internet/Cyberspace mempunyai andil penuh dalam kehidupan sosial. Dengan adanya Internet/Cyberspace apapun dapat kita lakukan baik positif maupun negative.
           Internet/Cyberspace sebagai media komunikasi, merupakan fungsi Internet/Cyberspace yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna Internet/Cyberspace dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna Internet/Cyberspace di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
           Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan Internet/Cyberspace yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di Internet/Cyberspace sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

    • Keburukan Internet/Cyberspace
      ,kata yang tidak asing di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi, mewah, dan praktis, Internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular yang memiliki koneksi internet, internet dapat diakses dengan mudahnya melalui telepon selular dimanapun kita berada, atau jika tidak, di setiap sudut kota pasti terdapat sebuah warung yang menjual jasa internet atau yang biasa disebut dengan “warnet”, dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi-informasi yang ada didunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata, banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan di jagat internet ini, para remaja tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan, internet ini adalah media yang paling efektif dan mudah untuk didapatkan dan diakses oleh siapa saja dimanapun, walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila.
           Para pelajar yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh. Seperti gambar-gambar yang tidak senonoh, atau video-video aneh yang bersifat “asusila” lainnya yang dapat mempengaruhi jiwa dan kepribadian dari siswa itu sendiri, sehingga siswa terpengaruh dan mengganggu konsentrasinya terhadap proses pembelajaran disekolah, namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir pelajar yang usil saja yang dapat melakukannya karena kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya, namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap pelajar untuk mencari atau mendapatkan informasi.
           Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap pelajar untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda), remaja adalah makhluk yang rentan terhadap perubahan disekitarnya, dia akan mengikuti hal yang paling dominan yang berada didekatnya jadi kemungkinan terjadinya perubahan yang drastis dalam masa-masa remaja akan mendorong kearah mana remaja itu akan berjalan, kearah positif atau negative tergantung dari mana di memulai.
           Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negatif justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya
      diperbudak oleh kemudahan dan kayaan informasi dari internet tersebut.


  2. analisa, keuntungan dan kerugiaanya, seandainya semua bidang pekerjaan di ambil alih fungsinya oleh computer?


Tidak bisa dipungkiri jika anak tidak bisa jauh dari kemajuan teknologi terutama  pada teknologi informasi yang semakin hari semakin cepat. Dan ini dapat membuat anak mendapatkan kemudahan terhadap informasi serta kemudahan untuk  menjalin komunikasi dengan jarak yang jauh. Akibat kemajuan teknologi, banyak permainan-permainan kreatif dan menantang yang ternyata banyak disukai oleh anak-anak. Dan hal ini secara tidak langsung sangat menguntungkan untuk anak-anak karena sangat memberi pengaruh terhadap tingkat kreativitas anak.

 

Berikut ini beberapa hal yang menjadi dampak POSITIF perkembangan Teknologi Informasi.



    • Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.

    • Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.

    • Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentingan bisnis.

    • Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.

    • Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.

    • Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja.



 

Berikut ini beberapa hal yang menjadi dampak NEGATIF perkembangan Teknologi Informasi.



    • Kemajuan TI akan semakin memudahkan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) karena akses mudah ke data yang menyebabkan orang plagiatis akan melakukan kecurangan.

    • Meskipun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan seperti sistem tanpa celah, tetapi jika ada kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
      Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (jangka pendek perhatian).

    • Tes Program kerahasiaan semakin terancam tes kecerdasan seperti tes Raven, Differential Uji bakat dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan masalah tes psikologis yang ada akan mudah bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan tingkat kebocoran melalui internet.

    • Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak pidana. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi e-book tinggi berpengetahuan tetapi moral yang rendah. Misalnya, dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan mencoba untuk menerobos sistem perbankan dan lain-lain.

    • Tidak membuat TI sebagai media atau sarana hanya dalam belajar, misalnya, kita tidak hanya men-download, tapi masih membeli buku cetak, tidak hanya mengunjungi perpustakaan digital, tetapi juga masih mengunjungi perpustakaan.

    • Pertimbangkan penggunaan TI dalam pendidikan, khususnya bagi anak-anak yang masih berada dalam kendali sementara membuat pembelajaran dengan TI. Analisis pro dan kontra penggunaan.

    • Mahasiswa dan kadang-kadang guru, bisa aspek adiktif teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya karena topik dapat diajarkan melalui TI, itu tidak berarti bahwa itu diajarkan secara efektif melalui TI. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif melalui TI, dan ada uang yang tersedia, itu tidak berarti bahwa selalu ada manfaat untuk itu. Ada banyak penelitian atau studi yang dilakukan untuk melihat dan melihat apakah penggunaan TIK dapat meningkatkan pembelajaran.

    • Perlu untuk tujuan yang jelas. TI dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) saat tujuan penggunaannya tidak jelas. Seperti untuk menggunakan internet untuk mencari video porno saat menggunakan komputer di sekolah.



 

 

 


  1.  ANALISA SAYA


Langkah saya untuk membuat SIAK adalah:


  1. Mencari semua informasi yang di butuhkan, seperti nama unversitas profil unversitas dan sebagainya untuk identitas SIAK.

  2. Merancang layout dan desain yang di butuhkan

  3. lalu saya akan mengcoding program SIAK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar